Selasa, 22 September 2015

Pasti Kamu Pernah! Melakukan Hal-Hal Alami Ini Saat Tidur


Yang kita bayangkan tidur adalah suatu momen diamana kita merasa diam, damai, dan tenang. Tapi tahukah anda, terkadang saat kita tidur sering terjadi hal-hal yang tanpa sadar kita lakukan. Apa sajakah hal-hal tersebut? Mari kita cari tahu apa Hal-Hal Alami Saat Tidur.


1. Berbicara Saat Tidur
Biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa, walaupun ada dan terjadi pada orang dewasa umumnya terjadi pada pria dibandingkan wanita. Namun intinya adalah berbicara saat tidur dapat terjadi pada ±5% dari kita. Dan dikenal sebagai Somnilioquy atau kejadian berbicara saat tertidur. Seberapa keraskah kita berbicara juga sangatlah berbeda-beda, ada yang sekedar bisik-bisik hingga ada juga yang sangat keras atau bahkan teriak-teriak, namun biasanya hanya terjadi dalam rentang waktu 30 detik.

Sama halnya seperti mimpi, apa yang menyebabkan seseorang berbicara saat tidur dan apa yang menetukan pembicaraan mereka belum diketahui hingga sekarang. Sejauh ini bisa disimpulkan sebagai salah satu akibat dari stres, depresi, atau penyakit.


2. Tidur Berjalan (Sleep Walking)
Jika biasanya hal aneh yang terjadi saat tidur tidak begitu berbahaya, namun perilaku tidur yang satu ini termasuk dalam kategori yang berbahaya. Bahkan ada sebuah kejadian nyata dimana seorang pria jatuh dari atas tebing tinggi karena perilaku Sleepwalking atau tidur berjalan ini. Sebagaimana telah aku jelaskan di atas, saat kita tidur pikiran dan tubuh kita dapat memasuki siklus tidur yang berbeda, dan hal ini sering terjadi.

Pada kejadian sleepwalking, kita mulai bangun dari tidur namun sayangnya otak kita belum bangun sepenuhnya untuk membuat diri kita benar-benar sadar, padahal tubuh sudah bangun dan dapat bergerak aktif. Singkatnya pikiran kita terperangkap dalam keadaan bangun dan juga tidur. Mereka yang menderita hal ini dapat berperilaku berbeda-beda, dimulai dari makan, berbicara, SMS, menyetrika, hingga berkendara. Segera konsultasikan ke dokter jika hal ini terjadi pada diri anda.


3. Kentut 

Percaya atau tidak, baik wanita maupun pria, pada saat tidur tidaklah jarang akan secara tidak sadar melepaskan kentut. Alasan dari hal ini adalah karena pada saat kita tidur, semua bagian tubuh kita mulai berelaksasi dan itu juga termasuk otot di dubur kita, membuatnya secara tidak sengaja melepaskan satu atau dua bom alami. Untungnya selagi kita tidur, indera penciuman kita juga memasuki kondisi pasif dan kurang efektifitasnya, sehingga kita tidak bisa merasakan aromanya yang mungkin aduhai.

Inilah alasan mengapa alarm kebakaran dan asap diciptakan, karena saat kita tertidur, bau asap kebakaran tidak akan membuat kita terbangun.


3. Mendengkur 
Dikatakan sebagai sebuah perilaku tidur dimana seseorang mengeluarkan suara dengkuran yang relatif keras dan terjadi pada sekitar 40% dari kita. Suara dengkuran ini terjadi karena adanya getaran pada jaringan-jaringan pernapasan kita. Ada banyak alasan mengapa ngorok dapat terjadi, mungkin karena alkohol, medikasi, posisi tidur, hingga pertanda adanya kondisi medis. Tapi suara ngorok paling keras dapat terjadi karena penyempitan disekitar area tenggorokkan.

Saat kita tidur, otot-otot kita terelaksasi, pernapasan kita berubah, dan anehnya tenggorokkan kita menyempit yang pada kebanyakan kasus mengarah ke apa yang kita kenal sebagai mendengkur/ngorok. Dalam kasus terburuk, penyempitan tenggorokkan membuat seseorang seakan-akan berhenti bernafas baru kemudian terlepas dan mengorok dengan begitu keras.


4. Sindrom Kepala Meledak (Exploding Head Syndrom)
Nama fenomena tidur yang satu ini memang cukup agak aneh, dikenal juga sebagai sindrom kepala meledak (Exploding Head Syndrome) namun pada kenyataannya kejadian ini tidak seperti namanya. Hanya saja kepala terasa melayang dan adanya halusinasi suara saat kita tidur. Saat tidur tiba-tiba saja kita seperti mendengar suara yang sangat keras, baik suara tembakan, barang jatuh, bahkan hingga ledakan, yang bisa juga disertai dengan seperti melihat adanya kilatan cahaya.

Kejadian semacam ini memang langka, namun bisa dan memang pernah terjadi umumnya kepada mereka yang berusia lanjut. Sampai saat ini belum ada yang tahu secara pasti apa penyebab akan kejadian aneh ini.


5. Merasa Seperti Akan Jatuh (Hypoganic Jerk
Atau dikenal juga dengan nama Hypnagonic Jerk adalah sebuah kejadian dimana selagi kita tidur tidur tiba-tiba saja kita terbangun karena sebuah perasaan syok atau kaget, yang paling umum biasanya karena perasaan akan jatuh. Hal ini dapat terjadi saat kita tidur dalam kondisi yang terlalu lelah, kekurangan tidur, atau stres.

Dikarenakan saat kita tidur, tubuh dan pikiran tidak selalu dalam keadaan yang sama. Hypoganic Jerk ini dapat terjadi saat pikiran kita sudah memasuki keadaan tidur terlebih dahulu tapi tubuh kita masih dalam keadaan yang aktif. Jadi singkatnya otak kita memasuki siklus tidur dengan cepat karena perasaan lelah ataupun stres, namun tubuh kita belum. Mengapa dinamakan sebagai perasaan seperti akan jatuh? Sampai saat ini belum ada yang tahu secara pasti.


6. Sleep Paralysis
Ini dia hal yang bisa disebut paling aneh nan popular yang bisa terjadi saat kita tidur. pernahkah anda mengalami kejadian ini! Saat anda tidur atau bangun tidur namun tiba-tiba merasa bahwa anda tidak dapat menggerakkan satupun bagian tubuh anda bahkan untuk berbicara saja tidak bisa. Inilah yang dikenal dengan nama Sleep Paralysis dan hal ini memang menakutkan.Kalau orang Jawa sering menyebutnya dengan ditindih setan, sleep paralysis memang menjadi salah satu kejadian aneh saat tidur yang sering dikaitkan dengan keberadaan hantu. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu, ada penjelasan ilmiah di balik misteri sleep paralysis.

Sebenarnya pada saat kita tidur, ada siklus-siklus tidur yang akan dimasuki namun semua itu akan mengarah ke siklus yang dikenal dengan nama REM Sleep. REM (Rapid Eye Movement) Sleep sendiri adalah siklus tidur dimana mata kita bergerak cepat ke berbagai arah. Jika dalam kasus Hypnagonic Jerk, pikiran kita memasuki siklus terlebih dahulu, maka dalam kasus Sleep Paralysis, pikiran kita terbangun lebih dahulu dibandingkan dengan tubuh kita. Ketahuilah bahwa sebenarnya selagi kita tidur, secara garis besar tubuh kita dapat dikatakan benar-benar lumpuh (jika tidak maka kita akan bergerak kesana-sini selagi tidur). Jika anda pernah mengalami hal ini, tenang saja karena Sleep Paralysis tidaklah berbahaya dan akan perlahan-lahan hilang.


7.Mimpi

Tidak bisa kita pungkiri bahwa mimpi mungkin adalah hal yang paling aneh yang terjadi saat kita tidur. Bagaimana ini bisa terjadi? Mengapa ada yang masuk akal dan mengapa ada yang tidak? Mengapa bisa terjadi mimpi buruk? Apa tujuannya? Banyak sekali misteri seputar mimpi, meskipun ada banyak teori tapi sampai saat ini belum ada konsensus tunggal mengenai alasan mengapa kita bermimpi. Beberapa ahli percaya bahwa mimpi tidak memiliki tujuan, sedangkan sisi yang lain percaya bahwa hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh seseorang, dan ada juga yang percaya bahwa mimpi adalah suatu pertanda bahwa sesuatu yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Salah satu teori yang paling dipercaya saat ini adalah bahwa mimpi itu adalah sebuah cara otak memproses ingatan-ingatan kita. Inilah sebabnya mengapa kita selalu bermimpi akan hal-hal yang pernah kita lihat atau kita lakukan baik sadar ataupun tidak sadar.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar